Archive for August 4, 2010

Keliling Dunia Mencari Jovita

Posted: August 4, 2010 in story to tell

My beautiful, Jovita Adzkiya Hermawan

Jauh sebelum dinyatakan hamil, bahkan ketika masih lajang, saya punya keinginan. Kalau kelak memiliki anak akan saya beri nama Alexandria, kalau dia perempuan, dan Gaza, kalau dia laki-laki. Alexandria (Mesir) dan Gaza (Palestina) adalah dua nama kota yang memiliki sejarah yang luar biasa, menurut saya. Dan ketika dinyatakan positif hamil, keinginan saya itu pun semakin meluap-luap. Saya langsung mengatakan tentang opsi kedua nama tersebut. Suami pada awalnya setuju-setuju saja, tapi ketika kandungan mulai membesar, dia mulai memberikan pertimbangan.

Menurut suami, nama Alexandria terdengar seperti Alexander, yang umumnya, digunakan oleh orang yang bukan beragama Islam. Dia khawatir ayah saya keberatan dengan nama itu. Nama Gaza, menurut dia bagus dan dia suka. Namun dia merasa nama itu kurang pas dijadikan sebagai nama anka, karena riwayat kota Gaza yang selalu berdarah sejak lama. Awalnya saya tidak sependapat dengan suami saya, dia sih santai dan mengatakan, “Ya terserah kamu say.”

Tapi pas dipikir-pikir, bener juga ya pertimbangan dari suami saya. Setelah tahu nama-nama apa saja yang dibolehkan dan dianjurkan untuk tidak digunakan dalam Islam, saya mulai hunting nama lain. Heboh download nama-nama bayi di internet, download sampai ribuan nama. Halah bukan memberi inspirasi, malah bikin saya bingung. Setiap hari kerjaannya melototin layar komputer, klik san-klik sini nyari nama yang kira-kira oke, bermakna bagus, dan gak pasaran. Susyahnya rek hehehehe….. maklum, saya bukan penganut kata-kata Shakespeare, ‘Apalah arti sebuah nama’. Menurut saya, nama itu punya arti dan dibalik arti tersebut tersimpan doa dan harapan orangtua kepada anak. Makanya nyarinya setengah mati sampe senewen sendiri. Kakak ipar saya kemudian meminjamkan buku kumpulan nama-nama bayi. Wah makin banyak pilihan, benar-benar makin bingung. A-Z, bahasa Arab sampe Afrika, nama-nama Islam sampai nama-nama Jawa. Waaah pusing.

Sampai usia kandungan 7 bulan, saya belum menemukan nama yang cocok. Ada beberapa nama yang oke, tapi artinya gak cocok. Nama Ameera salah satunya, namanya bagus, dan kayanya gak banyak deh yang pakai nama ini. Tapi artinya ‘princess’ wah saya ngeri anak saya jadi manja nantinya karena bergelar bangsawan hehehe…. Suami pun cenderung cuek, karena dia sudah kelewat capek. Pasalnya setiap memberi masukan, selalu saya tolak. Jadi ya, resiko harus saya tanggung sendiri :p. Ketika ada nama yang cocok, eh arti di buku sama di kamus beda. Ya gak jadi lah, daripada nanti nama saya jadi bahan tertawaan karena salah ngartiin nama anak. Soalnya perbedaan artinya rada-rada jauh, di buku tertulis artinya pintar, lah di kamus artinya suci. Kan jauh banget!

Akhirnya setelah mata sepet melototin monitor dan tangan cape bolak-balik halaman buku, ketemu juga nama itu, Jovita. Jovita berasal dari bahasa Latin yang artinya periang. Khawatir salah arti lagi, saya browsing-browsing, dan artinya sama, periang. Wah cocok. Tinggal cari middle name-nya aja. Kenapa harus pake middle name? biar kalo bikin email anak saya gak bingung hehehe…. Gak ding, cuma iseng aja supaya namanya panjangan dikit, sekalian nambahin doanya. Dan nama tengahnya adalah Adzkiya yang artinya cerdas dalam bahasa Arab. Suami saya memang berpesan, kalau nyari nama anak yang artinya kurang lebih ‘menyenangkan’ biar anaknya nanti disukai banyak orang dan menjadi anak yang ngangenin. Sedangkan saya berharap anak saya kelak akan menjadi anak yang cerdas dan mencintai ilmu. Karena itulah Jovita Adzkiya adalah nama yang pas, dengan tambahan Hermawan di belakangnya agar kelak, kalau masih mau :p, kalo Jovi punya adik akan menjadi penanda nama keluarga kami.