Pertama Kali Menulis

Posted: July 31, 2010 in Uncategorized

Menulis bukanlah kegiatan baru bagi seorang lulusan sastra seperti saya. Namun, ketika pertama kali diminta menulis oleh seorang teman baik, saya merasa gugup. Rasa heran dan khawatir bercampur aduk jadi satu, bisakah? Pasalnya, selama ini saya menulis hanya untuk keperluan tugas kuliah saja :P.

Dan selalu ada moment pertama untuk setiap hal. Ketika itu terlewati, mudahlah semua.

Pengalaman menulis pertama kali, yang diterbitkan secara luas, adalah di sebuah majalah pengantin. Saya menulis apa saja yang disuruh oleh teman saya hehehe…. Tentunya semua merupakan hasil wawancara.

Pengalaman itu membuat saya percaya diri untuk mulai mengedit hasil karya orang lain. Dan saya menemukan, bahwa saya lebih nyaman mengedit ketimbang menulis :P. Karena ternyata bakat alamai saya adalah nyela hasil karya orang lain, yang mungkin dibuat dengan bersimbah keringat.

Akibat bakat ‘nyela’ tersebut, saya dipercaya mengedit banyak buku di sebuah penerbitan nasional. Namun, sayangnya, nama saya tak tercantum. Tapi biarlah, yang penting saya puas telah ‘membabat’ hasil karya orang :D. ‘Membabat’ di sini bisa berarti menulis ulang, karena beberapa penulis melukan banyak kesalahan fatal yang harus diperbaiki. Dam akan membutuhkan waktu yang lama sekali kalau harus dikerjakan oleh mereka lagi. Alhasil, editor babak belur!

Dan kebiasaan buruk mencela itu berbalik kepada diri saya sendiri. Ketika seorang teman memercayakan saya untuk menulis buku, untuk yang pertama kalinya, saya dikerjai habis-habisan. Pasalnya, saya tidak hanya diharuskan menulis, tapi juga mengedit tanpa bayaran tambahan hehehehe, maklumlah buku proyek kejar tayang. Jadi saya tidak punya kesempatan ngerjain orang lain. Karena kalau saya mau ngerjain orang lain, akan sangat menyita waktu. Lagipula saya tak rela dicela oleh editor, sama seperti saya pernah mencela penulis 😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s