Ketika Mulai Menulis, Lagi

Posted: July 31, 2010 in my opinion

Menulis, semua orang juga bisa, saya percaya itu. Maksudnya nulis loh ya, bukan nyatet! Namun terkadang ketidakpercayaan diri kita membunuh kemampuan menulis alami kita. Contohnya, ketika hendak mulai menulis, kerap kita berpikir, mau nulis apa ya? dan buat apa ya nulis? Kan, belum juga memulai, kita sudah membuat hambatan bagi diri kita sendiri.

Sebenarnya banyak sekali jalan keluarnya. Era internet benar-benar memudahkan segalanya. Orang yang gak pede nulis mulai meberanikan diri menulis, setidaknya menulis status di Facebook atau Twitter atau jejaring sosial semacam itu. Orang yang biasa menulis mulai menemukan wadah yang efektif untuk mempromosikan dirinya lewat blog-blog. Dan orang yang kurang ajar, mulai men-copas hasil karya orang lain seenak udelnya dan mengklaim bahwa itu karyanya!

Hambatan lainnya yang kita ciptakan sendiri adalah mood! Ya, mood! Dan itu adalah hambatan terbesar yang sering sekali saya alami. Itulah mengapa blog ini jarang sekali di-update :D.

Jadi, menulislah apa yang ingin kamu tulis. Dan berhentilah mengekori mood kita kemana-mana! Kalau kamu tidak tahu mau menulis apa, maka cari tahu! Hehehehe…. Banyak melihat, banyak mendengar, dan lebih peka terhadap apa yang terjadi di sekitar kita, akan memudahkan proses pencarian ide. So, start to write now!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s