Jalan-jalan Lagi!

Posted: December 24, 2008 in story to tell

dsc00985

3 Oktober 2008-Setelah bertahun-tahun tidak menjalajahi bagian Indonesia yang lain kecuali Bekasi dan Jakarta, akhirnya di hari ketiga libur Idul Fitri 2008, saya kembali keluar dari kandang. Jujur, saya suka banget jalan-jalan. Tapi kadang susah banget dapet izin dari ortu, apalagi yang pake acara nginep segala. Wah ndak bakalan dikasih.

Makanya waktu saya butuh udara selain oksigennya Jakarta, saya mengajak Aisah, salah seorang sahabat yang juga ngebet travelling. Begitu saya mengajaknya menjelajahi kota tua Jakarta. Dia mengajukan opsi lain, waduk Jatiluhur di Purwakarta. Saya langsung iyakan saja. Meski sempat bimbang karena timing yang mungkin tidak tepat, kami nekat berangkat juga.

Berbekal tanya sana-sini dan mengumpulkan data dari milis Indonesian Backpacker, kami mematangkan rencana. Berhubung takut dilarang ma ortu, saya berniat minta izin pas hari-H aja. So, 1 jam sebelum berangkat saya baru bilang ke ibu saya. Saya mendapatkan jawaban yang luar biasa, dengan muka tanpa dosa kalau dia akan mengacaukan rencana anaknya, ibu saya minta ikut. Plus membawa adik saya yang imut2 itu!

Kejadian di luar rencana itu saya kabarkan pada Aisah yang sedang meluncur ke lokasi janjian, via SMS. Aisah dengan emoticon dan hahaha-nya bilang ok-ok aja, dia gak keberatan. Pas tiba di Bekasi (dengan alasan kalo Purwakarta tuh lebih deket dari Bekasi, saya berhasil memaksa Aisah nyamperin saya ke Bekasi), dia tertawa terbahak-bahak seraya berucap, “Duh Bu ini mah piknik, bukan backpacking. Aturan tadi kita bawa bekel sama tiker sekalian.” Saya tak berdaya menjawabnya.

Dengan ke-PD-an yang luar biasa, atas petunjuk saya, kami menunggu bus Primajasa jurusan Bekasi-Bandung via Purwakarta di Bulak Kapal. Seperempat jam bis tak nampak, saya mulai curiga. Akhirnya saya memutuskan untuk menunggu bis di terminal Bekasi saja. Kami naik angkot dari Bulak Kapal ke terminal. Begitu turun angkot, kami melihat bis sasaran kami tengah melaju keluar terminal. Kami berlari2 mengejarnya. Ada dua bis yang menuju Bandung, yang AC dan non-AC. Demi kenyamanan, kami, saya tepatnya, memutuskan untuk naik yang AC aja. Bis yang AC kebetulan berada dibelakang, tak jauh dari bis yang non-AC. Pas di-stop, ternyata bis yang AC itu nggak lewat Purwakarta. Huaaaa, kami pun lari tunggang langgang mengejar bis non-AC itu. Tapi tak terkejar.
Lalu, kami memutuskan masuk ke terminal saja. Bis Primajasa-Garut via Purwakarta pun kami naiki. Bis ekonomi tanpa AC itu mengantarkan kami ke tujuan. And you know, ternyata bis yang kami tumpangi ini, termasuk yang jurusan Bandung, jalurnya nggak lewat Bulak Kapal. Hah bodohnya! Pantes saja batang bemper nih bis gak nongol2. Pelajaran no 1, kecuali memang niat nyasar pas travelling, sumpah jangan sok tahu!

Karena takut kelewatan, Aisah mondar-mandir memberitahu ke awak bis kalau kami hendak turun di Ciganea. Adikku yang manis itu mulai mengeluh karena tak kunjung sampai tujuan. Pelajaran no 2, backpacking bawa anak kecil yang terbiasa ke mal, mesti dihindari. Merepotkan! Tak hanya keluhan yang keluar dari mulut Zahra, adikku itu. Semua isi perutnya, turut dia tumpahkan dalam kantong plastik di dalam angkot jurusan Jatiluhur. OMG!

Sekitar pukul 12.30 kami tiba di tujuan. Wah sesuai informasi yang saya dapatkan dari sepupu saya, Jatiluhur tuh panasss. Tapi itu tak menghalangi niat kami, khususnya saya dan Aisah, untuk have fun tentunya. Karena kami berkunjung ketika libur hari raya, tentu saja tempat ini dipadati pengunjung. Tapi menurut supir angkot yang mengantarkan kami ke sana, penuhnya ini belum seberapa. Biasanya, angkot harus mengantri di depan pintu masuk lokasi waduk. Wah ternyata jeung Aisah nggak salah pilih tanggal.

Hal yang pertama dilakukan di sana adalah mengiyakan permintaan Zahra naik bianglala mini ala Dufan keliling. Sebenarnya males banget. Tapi apa daya, karena dia mau naik sendiri, kami bersedia menunggu. Baru lima menit di atas bianglala mini itu, Zahra histeris minta turun. Dengan cengirannya yang khas, dia langsung minta naik perahu yang ada di sekitar waduk. Setelah tawar menawar, kami pun berkeliling waduk dengan tarif Rp5000/pax. Adikku yang dari tadi pasang tampang kusut, sudah bisa tersenyum dan tertawa bahagia ketika tangannya menyentuh air waduk.

Waduk atau bendungan Jatiluhur dibangun di sungai Citarum Kab. Purwakarta, Jawa Barat. Waduk Jatiluhur dibangun tahun 1957 dan mulai dioperasikan tahun 1967. Pemanfaatan utama mula-mula untuk pembangkit tenaga listrik, namun kemudian konsep pembangunannya diintegrasikan untuk pemanfaatan segala keperluan sektor-sektor yang menyangkut air. Luas banget bow, kaya Danau Toba. Meski tetap lebih elok Danau Toba tentunya. Gak terlalu istimewa tempatnya memang. Selain waduk yang besar dan indah itu, ada fasilitas kolam renang dan pelelangan ikan kalo gak salah. Hehehe abisnya mau ke sana tapi biaya boatnya mahal banget, 20.000/orang. Pelitnya kelewatan!

Setelah salat dan makan, serta foto2 sebentar, petualangan pun kami akhiri. Fiuhh meski agar rusuh dengan ikutnya adikku, tapi lumayan serulah. Next time, kata Aisah, harus lebih seru lagi. And my mom, please next time kalau kita mau jalan-jalan kere jangan ikut ya. Hehehe…. Gak tega soalnya daku ibunda.

And you know? Yang membuatku akan selalu mengenang perjalanan ini adalah si Aisah begitu takjub setelah mengetahui bahwa ongkos bis ke Purwakarta cuma 9.000 perak!

Comments
  1. ovi says:

    hehe..berarti kalo next time gue ikutan, bayarin ongkos bis bolak-balik ya, Mi..;-) tapi gue ragu..dengan pengalaman perdana lo ini, apakah komunitas backpacker indonesia mau menerima lo sebagai anggota baru? kayaknya enggak:( tapi ya..sebagai sebuah eksperimen wisata hemat, boljug lah:)

  2. Amie says:

    Hahahaha…. Ya gue belom PD kali ngaku jadi backpacker Bu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s